SIARAN PERS KSPI: 2 AGUSTUS 2018*


STRATEGIC ASSESSMENT

719,302 total views, 1 views today

STRATEGIC ASSESSMENT-*Buruh Akan Longmarch Surabaya – Jakarta Untuk Hantarkan Prabowo Subianto Mendaftar Sebagai Capres di KPU*

Sekitar 20 (dua puluh) ribu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menghantarkan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden RI saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran tersebut, kemungkinan akan dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2018, demikian dikatakan Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta, Kamis (2/1/2018).

Para buruh, lanjut Said Iqbal, akan mendahului dengan melakukan long march jalan kaki secara estafet dari Surabaya ke Jakarta yang direncanakan akan berlangsung dari tanggal 4 hingga10 Agustus 2018.

Seperti diketahui, pada tanggal 1 Mei 2018 para buruh sudah mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto di Istora Senayan. Dukungan tersebut dituangkan dalam perjanjian kontrak politik antara Prabowo Subianto dengan buruh Indonesia.

Adapun isi kontrak politik sepuluh tuntutan buruh dan rakyat yang disebut SEPULTURA.

Berikut ini adalah sepultura yang dimaksud:

1. Menaikkan upah layak menjadi 84 itemkebutuhan hidup layak
2. Menghapus penangguhan upah minimum
3. Menjalankan jaminan pensiun wajib untuk pekerja/buruh tahunan
4. Jaminan kesehatan untuk semua buruh dan rakyat kecil
5. Menghapus outsourcing, termasuk di BUMN
6. Mengesahkan RUU PRT dan Perawat serta merevisi UU Perlindungan TKI
7. Mencabut UU Ormas
8. Mengangkat guru dan tenaga honorer menjadi PNS dan memberikan subsidi bagi guru dan tenaga honorer Rp 1 juta per bulan
9. Melaksanakan wajib belajar 12 tahun
10. Menyediakan alokasi APBN untuk beasiswa anak buruh atau pekerja hingga universitas, perumahan, dan transportasi publik murah untuk rakyat.

Terima kasih

Said Iqbal
Presiden KSPI

Narahubung: Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S. Cahyono (0811-1148-981)