Prabowo bersaing dengan Anies Baswedan di Survei

Prabowo bersaing dengan Anies Baswedan di Survei
STRATEGIC ASSESSMENT
LIKE SHARE

STRATEGIC ASSESSMENT. Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden (capres) potensial 2024. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, unggul dengan elektabilitas sebesar 17,5 persen.

Terjaganya popularitas dan elektabilitas Prabowo itu besar kemungkinan dipengaruhi oleh faktor post-election effect.

Prabowo telah menginvestasikan namanya dalam tiga kali penyelenggaraan Pilpres 2009, 2014, 2019. “Sehingga namanya relatif terjaga dalam memori politik publik,”. Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan kedua dengan 17 persen.

Angka tersebut tidak terlalu jauh dengan elektabilitas Prabowo yang hanya selisih 0,5 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan ketiga dengan 8,1 persen. Disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan tujuh persen dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dengan 6,8 persen.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di posisi enam dengan 6,4 persen. Khoirul menyebut AHY menjadi satu-satunya figur dari luar pemerintahan yang popularitas dan elektabilitasnya relatif terjaga (Red).


LIKE SHARE

No Responses

Translate »